Amannya investasi emas


Review Artikel - Pada sector bisnis apapun, inflasi adalah momok yang paling ditakuti dan jika bisa harus dihindari. Inflasi meruakan factor ketidak pastian yang palig besar dan paling sulit untuk segera di atasi baik oleh pebisnis maupun ibu rumah tangga sekalipun. Megapa bisa demikian, karena inflasi adalah perampok asset yang tidak kasat mata dan membuat daya beli masyarakat menurun drastis. Pada era 1980-an semua orang bisa membeli sepeda motor dengan uang sebesar Rp 1.000.000. tetapi pada era sekarang maka dengan jumlah yang sama masyarakat hanya bisa membeli sepeda ontel. Pada akhirnya banyak masyarakat sekarang menggadaikan waktunya untuk memperoleh sebanyak mungkin uang dengan harapan beberapa waktu ke depan bisa memanfaatkan waktu karena sudah terkumpul banyak uang. Tetapi banyak yang melupakan factor penurunan kesehatan pada usia tua biasanya enurun drastic yang mnyebabkan beberapa penyakit kelas berat dtang menghamiri. Hal ini menyebabkan uang yang dikumpulkan pada usia muda akan habis dalam waktu yang singkat.

Jika demikian, tentu ada sebuah cara atau solusi untuk mengantisipsi kondisi ini, bekerja dengan tidak ngotot tetapi menghasilkan profit yang lumayan besar. Tentu jawabannya ada, yaitu dengan menginvestasikan sebagaian penghasilan menjadi beberapa asset, bisa investasi property, investasi tabungan dan deposito, investasi valuta asing, atau investasi komoditas emas. Masing-masing investasi yang disebutkan merupaka investasi yang memiliki resiko paling kecil dibandingkan dengan resiko pada investasi lainnya seperti forex dan saham.

Untuk kali ini masri kita tinjau mengenai investasi komoditas emas, mengapa harus emas? Jawabannya krena emas dikenal paling kebal dengan inflasi. Jika investasi lain masih terpengaruh dengan besaran inflasi yangterjadi di sebuah Negara maka nilai emas akan memimiliki harganya sendiri. Emas merupakan pilihan utama pada investasi komoditas karena memiliki nilai yang cenderung stabil dan terus naik. Hampir jarang sekali terdengar terjadinya penurunan harga emas. Dan emas justru menjadi penangkal inflasi yang terjadi disetiap tahunnya. Ada beberapa macam emas pisik yang dapat dijadikan investasi, muli dari perhiasan, lantakan atau batangan atau koin emas.

Disebut lantakan atau batanga, karena bentukanya memang seperti batangan seperti batu bata kecil dengan kadr 22 karat atau 24 karat, bisa juga dinilai dari persentasi kadar emasnya, bisa 95% atau 99%. Keuntungan ainnya dengan menginvvestasikan dana yang dihasilkan ke dalam investasi emas adalah dikarenakan nilainya mengikuti standar internasional yang berlaku di seluruh dunia. Keuntungan lainnya adalah jika terjadi kebutuhan yang mendadak, emas bisa dijual ditoko emas manapun dengan harga yang ssama di semua tempat. Dan jika tidak ingin menjualnya, bisa di simpan di safety box yang biasanya di sewakan oleh bank-bank swasta lokal yang ada di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar