Kenali saham sebelum membelinya 2


Review Artikel - Saham adalah surat berharga yang menunjukan kepemilikan investor atas perusahaan. Jika anda membeli saham itu artinya saa dengan anda membeli kepemilikan perusahaan sebesar uang yang ditanamkan. Selama perusahaan tidak bangkrut dan mendapatkan laba maka pemilik saham akan menerima keuntungan dalam bentuk deviden. Selain itu pemilik saham juga bisa menarik keuntungan dari pergerakan nilai saham. Jika perusahaan mengalami tren positip atau menuai laba, maka pemilik saham akan mendapatkan keuntungan pula. Gambarannya sebagai berikut, apabila deviden per lembar sahamnya sebesar Rp. 100 maka nilai ini akan dikalikan dengan jumlah lembar saham yang dimiliki. Besarn deviden ini berbeda antara perusahaan ang sau dengan lainnya tetapi prinsipnya sama, semakin banyak jumlah saham yang dimiliki semakin besarjuga deviden yang diterima, dengan catatan perusahaan megalami keuntungan.

Apabila terjadi lonjakan signifikan atas permintaan saham di pasaran, maka secara otomotis nilai saham akan mengalami peningkatan pula. Sebagai gambaran, jika nilai harga saham perlembarnya saat saham di beli seharga Rp. 1000 , karena lonjakan permintaan, harga saham meningkat mejadi Rp 1.300 per lembar. Jika saham yang dipegam oleh pemilik saham di jual, maka pemilik saham akan mendapatkan keuntungan sebesar 30 persen. Keuntungan dari selisih nilai saham ini di sebut dengan capital gain. Keuntungan 30 persen ini diperoleh ukan dari perusahaan penerbit saham tetapi dari investor lain yang berminat untuk memiliki saham tersebut.

Ada beberapa jenis saham yang beredardi pasaran Indonesia dan dunia, yaitu common stock atau saham bias, preferred stock atau saham preferen, treasury stock atau saham harta dan yang terakhir adalah dual class stock atas saham kelas ganda. Saham jenis preferen memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan common stock dalam hal pembagian asset jika perusahaan di likuidasi dan deviden jika perusahaan megalami keuntungan. Saham preferen juga kadangkala memiliki hak yang lebih tinggi dengan hak menolak atau memveto merger atau penggabungan, pengambilalihan saham sebanyak yang diinginkan sebelum saham baru yag dikeluarkan perusaahan di tawarkan dan hak untuk menolak jika perusahaan berkeinginan mengeluarkan saham baru.

Saham preferen tida diperjual belikan di bursa efek, yang diperjual belikan di bursa efek adalah sahm jenis common stock atau saham biasa. Sedangkan saham jenis dual class stock atau saham kelas ganda memiliki criteria kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedngkan Saham jenis treasury stock saham yang dibeli kembali dari masyarakat. Anda dapat membeli saham biasa di bursa efek atau melalui pialang saham. Di Republik tercinta Indonesia, saham yang dibeli harus dalam kelipatan 500 lembar. 500 lembar ini disebut dengan 1 lot. Saham pecahan, atau kurang dari 500 lembar dapat diperjual belikan melalui metode over the counter. Yaitu jual eli pecahan saham diluar bursa efek.

0 komentar:

Posting Komentar