Kenalilah saham sebelum membelinya


Review Artikel - Istilah yang dulu asing kini sudah mulai akrab dengan telinga masyarakat Indonesia. Saham yang dulunya hanya dikenal oleh para penanam modal sudah bukan barang baru lagi. Tetapi apakah saham itu hanya selembar kertas yang mewakili perusahaan tertentu yang berada di tangan investor sebagai bukti sah kepemilikan modalnya. Tentu saja tidak, ada beberapa macam saham yang harus dikenali dahulu dengan baik bagi pemula yang ingin berkecimpung dibisnis yang dikenal dengan kecepatan perputarannya. Peluang usaha high risk and high return ini memang sangat menarik minat bagi pebisnis, selain kesempatan untuk memiliki kepemilikan perusahaan sebesar uang yang diinvestasikan, juga kesempatan untuk mendapatkan deviden keuntngan perusahaan ditambah lagi dengan kemungkinan bermain untuk meraih capital gain lebih dalam waktu yang cepat bagi pemain yang mahir.

Kelebihan-kelebihan berinvestasi saham memang sangat menggiurkan bagi siapa saja. Tetapi sebelumnya kenali dahulu jenis-jenis saham sebelum membelinya. Karena ada beberapa saham yang benar-benar berisiko tinggi karena cepatnya perubahan harga di pasaran. Umumnya ada dua jenis saham yang diperjual belikan di bursah efek. Yang pertama adalah Jenis Saham Biasa yang dikenal dengan istilah common stock. Ivestor yang memiliki saham jenis ini merupakan pemilik perusahaan dengan jumlah sebesar modal yang diinvestasikan . Keuntungan yang didapatkan oleh investor adalah deviden dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan, tetapi investor tidak memiliki jaminan atau kepastian return yang didapatkan perusahaan. Kekurangan dari saham jenis ini adalah klaim atas asset perusahaan sangat rendah dan tidak memiliki kepastian tanggal jatuh tempo atau maturity date. Jelasnya, jika perusahaan bangkrut atau di likuidasi, investor saham jenis ini adalah yang paling terakhir dipenuhi untuk mendapatkan hak-haknya atas asset perusahaan setelah perusahaan membayar seluruh pemegang saham preferen senilai par sekuritasnya.

Jenis saham yang kedua adalah Saham Preferen dikenal dengan istilah preferred stock. Saham preferen memiliki keistimewaan sendiri karena sifatnya yang hybrid karena memiliki sifat seperti obligasi. Investor yang memiliki ssaham preferen akan mendapatkan deviden yang teratur sebesar per par sahamnya dikalikan dengan bunga setiap tahunnya.Sifat ini sama dengan sifat obligasi. Saham preferen memiliki dua sifat. Jadi sebelum menginvestasikan modal kedalam saham preferen, perhatikan dahulu jenis ssahamnya apakah berjenis cumulative atau non cumulative. Jika saham berjenis cumulative, maka apabila investor belum mendpatkan deviden tahun lalu,deviden akan diakumulasikan dengan deviden tahun berjalan. Sedangkan Saham Preferen Non Cumulative, deviden tahun lalu yang belum diterima tidakaan ditambahkan kedalam deviden tahun berjalan. Enis yang lainnya adalah Sham preferen Participing. Saham jenis Participing akan mendapatkan deviden yang proporsional mengikti peningkatan nilai deviden saham biasa.

Kelebihan saham preferen bagi Investornya adalah hak untuk memilih direktur perusahaan. Dengan syarat investor tidak menerima dviden selama satu tahun atau lebih. Investor saham jenis preferen juga akan lebih dahulu menerima pengembalian atas modalnya sebesar harga par per sahamnya. Karena sifatnya yang sangat mirip dengan obligasi, banyak yang menggolongkan saham preferen kedalam Fixed Income.

0 komentar:

Posting Komentar