Memanfaatkan Peluang bisnis di Bursa Komoditi


Review Artikel - Sebelum berkecimpung di bisnis investai komoditi ada baiknya jika clon investor mengenal terlebih dahulu kelebihan da kekurangannya. Komoditi adalah benda nyata yang diperdagangkan, serah terima dilakukan dalam bentuk phisik dan dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu. Komoditi adalah bahan dasar atau sumber daya mentah atau produk primer seperti loga, pertanian dan energi. Komoditi bisa diperjua belikan di bursa komoditi atau melalui over the desk, yaitu komoditi bisa diperjual belikan melalui kontrak yang di standarisasi. Karakteristik khas dari erdagangan komoditi adalah harganya. Harga komoditi sangat ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar, bukannya ditentukan oleh peyalur atau penjual. Yang mauk dalam kategori komoditi adalah mineral dan hasil pertanian. Ontohnya adalah biji besi, ethanol, minyak, alimunium, emas, perak, berlian,kopi, gula, beras, gandum, dan ada satu lagi yang disebut dengan hasil commoditized yaitu komputer.

Perdagangan komoti memiliki resiko yang beragam yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya dan rentan dengan resiko gagal janji yang disebabkan oleh terjadinya fluktuasi harga. Harga komoditi sendiri sangat bergantung pada penawaran dan permintaan pasar komoditi yang sangat terikat dengan pertambahan jumlah penduduk, bertambahnya jumlah individu yang membutuhkan dan bisa juga disebabkan karena faktor substitusi. Ada banyak faktor yang membuat harga berubah, diantarnya adalah bertambahnya kapasitas produksi karena bertambahnya luas lahan atau pembangunan pabrik baru, perubahan cuaca, bencana alam, perang, perdamaian, pelarangan dan insentip pemerintah setempat. Banyaknya faktor yang membuat bisnis komoditi ini berisiko mendorong para pelakunya untuk membut perlindungan.

Perlindungan ini pertama kali dibituhkan pada perdagangan komoditi pertanian, namun akirnya semua komoditi juga perlu dilakukan oleh semua perdagangn komoditi. Kebutuhan terhadap lindung nilai ini akhirnya dipenuhi dengan membuat kotrak kepada para pelakunya yang telah membuatdeal. Baik kontrak yang dilakukan di luar bursa maupun kontrak yang dilakukan di dalam bursa. Beberapa kontrak itu akhirnya di perdagangkan di bursa dengan nama Bursa Komoditi.

Bursa komoditi merupakan tempat bertemunya penawwaran dan permintaan komoditas dan derivatif. Penjual dan pembeli bertemu di bursa komoditi. Selain itu di pasarkomoditi juga dihadiri oleh pedagang perantara yang disebut dengan komisioner dan makelar. Bedaya pedagang perantara dan makelar di pasar ini adalah makelar tidak memegak posisi tetapi pedagang perntara memegang posisi. Produk yang umum diperdagangkan di pasar komoditi adalah Coklat, kopi, susu, jagung, gula, kedelai, gandum, kapas, lada, minyak sawit mentah (Crude Palm Oil), logam yang terdiri dari emas, perak dan nikel, serta kontrak berjangka yang mengacu pada produk-produk komoditi. Kontrak berjangka yang diperdagangkan meliputi harga spot, kontrak berjangka, kontrak serah, instrumen lingkungan hidup, kontrak pderivatif pengangkutan, swap ataupun opsi berjangka atau suku bunga.

0 komentar:

Posting Komentar