Pengaruh Komoditas Emas Di Pasar Mata Uang


Review Artikel - Diakui atau tidak, emas adalah alat pembayaran sepanjang jaman yang dipakai oleh seluruh Negara di dunia. Pernyataan ini dibuat berdasarkan fakta bahwa pemerintahan sebuah Negara akan berusaha keras untuk mengendalikan nilai mata uangnya dengan melakukan tindakan memasok emas di pasar. Dan nilai emas sendiri tetap untuk daya beli, karena emas tidak ditentukan oleh pemerintah manapun, tidak seperti mata uang manapun. Emas real nilainya ditentukan oleh pergerakan pasar, dan tidak ada satu pemerintahan Negara manapun yang mengatur harga emas Internasional maupun regional. Dan hamper seluruh orang dimanapun dia menetap, emas merupakan pilihan utama untuk menyimpan atau menginvestasikan dananya bagi masa depan. Hal inilah yang menjadikan emas sebagai lumbung uang atas terjadinya krisis ekonomi gloal yang sedang melanda dunia saat ini.

Berdasarkan system Bretton Woods, emas dipakai sebagai satuan standard. Berdasarkan system ISO, sibol emas yang dipakai adalah XAU. Untuk tingkat kemurnian emas, dipakai satuan karat, dan yang paling murni dipakai satuan 24 karat. Harga emas sekarang mengalami peningkatan yang sangat signifikan karena memang jumlahnya sangat terbatas. Harga emas pertamakali ditentuka oleh Negara Amerika Serikat sebesar $20,67 per troy on atau sekitar 4664,56 per Kg. Kemudian pada tahun 1934 harga emas mengalami peningkatan menjadi $35 per troy ons. Kemudian di tahun 1961, Negara-negara Amerika dan Eropa melakukan manipulasi harga emas dunia yang terus meroket hingga sekarang. Sekarang ini harga emas berada pada kisaran $1700 per troy ons atau meningkatsampai 50 kali lipat.

Sekitar tahun 2005, Badan World Gold Council mengumumkan hasil penelitiannya dengan mengatakan bahwa persediaan emas dunia saat itu berkisar 3859 ton. Dan apabila dikurangi dengan permintaan komoditi emas saat itu yang mencapai 3754 ton, maka persediaan emaas dunia hanya 105 ton. Berita yng dikeluarkan oleh WGC inilah yang mempengaruhi nilai harga emas dunia. Dan berita-berita semacam ini menjadi ssangat penting bagi investor berita semacam ini menjadi acuan utama untuk membeli atau menjual emasnya. Perlu diketahui, emas merupakan standar dari nilai mata uang Amerika. Dan emas merupakan komoditas nomor dua setelah minyak. Negara yang sangat sensitip nilai tukarnya terhadap pergerakan nilai emas adalah mata uang Australia, AUD.

Pergerakan nilai index dan komoditi di pasar bebas secara signifikan mempengaruhi nilai seluruh mata uang yang diperdagangkan di bursa valuta asing atau forex. Secara gamblang bisa dikatakan bahwa harga emas dunia menentukan harga mata uang sebuah Negara. Jika harga emas disebuah Negara mengalami penurunan , maka bisa dikatakan bahwa negara tersebut akan mengalami penurunan nilai mata uangnya. Jadi secara sistematis bisa dikatakan bahwa nilai emas merupakan penentu nilai mata uang.

0 komentar:

Posting Komentar